Tren Teknologi Informasi Tahun 2012
Tahun 2012,
dalam pandangan Fujitsu, akan terjadi banyak perubahan yang diakibatkan oleh
kekuatan-kekuatan yang ada di ranah teknologi informasi. Kekuatan dimaksud
antara lain teknologi mobile, layanan Cloud, media sosial untuk berbisnis dan
ledakan data.
Perubahan
yang diakibatkan diprediksi akan berlangsung secara disruptif dan membongkar
aturan yang berlaku saat ini. Tren ini akan mengubah bagaimana cara bisnis,
kota-kota bahkan masyarakat, beroperasi. Ketika semua tren ini berjalan, dunia
akan terlihat sama sekali berbeda. Setidaknya, ada 12 trend yang akan mengemuka
tahun ini.
Real-time
insight
Real-time
insight akan menjadi salah satu tren. Ini terjadi karena suatu pandangan bahwa
manusia hidup dalam dua dunia sekaligus, yakni dunia fisik dan dunia digital.
Dunia fisik adalah tempat di mana kita hidup yang terdiri atas
jaringan-jaringan komputer dan peranti mobile.
Dunia fisik
ini didukung oleh dunia digital yang memiliki kekayaan informasi dan kekuatan
analisis. Kini kedua dunia itu semakin menyatu dan tersinkronisasi sehingga
mampu menghantarkan wawasan-wawasan baru berbasis data dengan kecepatan tinggi.
Implikasinya
bagi kita adalah:
•
Kemunculan sistem-sistem yang mampu “merasakan dan bereaksi” dan tidak hanya
bisa melakukan transaksi.
• Kita akan
menjadi lebih proaktif ketimbang reaktif –misalnya di bidang kesehatan yang
akan lebih fokus menjaga kesehatan daripada mengobati penyakit.
• Kecepatan
sangat penting, dan semuanya akan semakin cepat.
Bisnis Tanpa
Batas
Selanjutnya,
seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, memungkinkan
timbulnya konsep bisnis tanpa batas. Fenomena ini, antara lain dipicu oleh
kehadiran cloud computing.
Layanan
Cloud memungkinkan pengguna umum untuk membangun, melakukan konfigurasi dan
mengoperasikan sendiri teknologi. Untuk pertama kalinya, pelaku bisnis bisa
menggunakan layanan teknologi secara langsung tanpa perlu menunggu waktu lama
dan mengeluarkan investasi di muka yang besar.
Hasilnya,
pelaku bisnis bisa lebih mudah dan cepat berinteraksi dengan konsumennya.
Akhirnya, batasan-batasan yang menghambat bisnis tradisional akan menghilang,
batas-batas tradisional seperti pasar, lokasi, organisasi, bahasa atau
teknologi akan lenyap.
Implikasinya
bagi kita adalah :
•
Pergerakan organisasi akan dimulai dari Cloud dan akan berbasiskan Cloud.
•
Perusahaan teknologi akan menjadi penyedia utilitas.
• Kosakata
bisnis akan menggantikan kosakata teknologi, dan bisnis akan selalu menjadi
aktivitas yang lingkupnya global.
Komputasi Human Centric
Komputasi
yang berpusat pada manusia (human-centric) dan paham konteks akan menghantarkan
layanan dan konten secara langsung, walaupun tanpa diminta. Kemampuan ini
menjadi jembatan untuk masuk ke dunia digital dan memanfaatkan semua kelebihan
dari dunia digital ke dunia fisik.
Melalui
kemampuan menambahkan konteks, sistem akan menjadi lebih cerdas untuk membantu
manusia berinteraksi dengan lingkungan, teman-teman dan komunitasnya. Konteks
akan memperkaya pengalaman manusia menjalani kehidupan sehari-hari.
Implikasinya
bagi kita adalah:
• Skema
loyalitas konsumen akan berbalik ikut memberikan manfaat bagi bisnis.
• Privasi
bukan lagi pertimbangan utama–manusia harus memilih keluar (opt-out) sendiri
dari layanan otomatis untuk menjaga informasi pribadinya.
• Peranti
akan lebih mengenal pemiliknya secara lebih dalam daripada pemilik mengenal
perantinya.
Informasi Lebih Penting Daripada Teknologi
Kecenderungan
lain yang akan mengemuka adalah informasi lebih utama daripada teknologi. Ketika
kita membicarakan “Revolusi Informasi” di dunia TI, selama ini kita lebih
memperhatikan “T” dari Teknologi daripada “I” atau Informasi. Padahal informasi
ini ada di mana-mana.
Setiap
pergerakan kita menghasilkan data dan
selanjutnya meninggalkan apa yang disebut “jejak digital” ke mana pun kita
pergi. Jejak digital ini semakin nyata seiring dengan semakin maraknya
teknologi sensor dan benda-benda yang terhubung ke Internet. Hasilnya, kita
bisa bisa lebih dalam mengeksploitasi informasi.
Implikasinya
bagi kita adalah:
•
Informasi, bukan teknologi yang mendorong kita.
•
Kompetitor akan memahami pelanggan kita atau jauh lebih paham dibandingkan
kita.
• Kita akan
hidup di tengah “perlombaan senjata informasi.”
Dosen Pengampu : Vito Trianto,M.Kom.
Artikel dari :
https://republika.co.id/berita/lze7ih/ini-dia-12-tren-teknologi-informasi-tahun-2012-1
Komentar
Posting Komentar